Optimalisasi Peran Mahasiswa KKM dalam Mengajar di Madrasah karena Keterbatasan Prasarana: Studi Kasus di Desa Citeureup

Authors

  • Arya Pratama Andrian Universitas Bina Bangsa Author
  • Fatmawati Eti Universitas Bina Bangsa Translator
  • Salim Haerus Universitas Bina Bangsa Translator
  • Firman Syah Muhammad Universitas Bina Bangsa Translator
  • Muhaimin Universitas Bina Bangsa Translator

Keywords:

KKM, madrasah diniyah, keterbatasan prasarana, motivasi belajar, pembelajaran kreatif

Abstract

Penelitian ini membahas optimalisasi peran mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dalam mengajar di Madrasah Diniyah Desa Citeureup yang mengalami keterbatasan prasarana. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa KKM memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran, terutama dalam meringankan beban guru yang jumlahnya terbatas dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Mahasiswa berperan aktif dalam mengajar berbagai materi keagamaan serta pendampingan individual bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Metode pembelajaran kreatif seperti permainan edukatif, tanya jawab, dan menghafal berhasil meningkatkan partisipasi siswa. Selain itu, mahasiswa menyusun modul ajar ringkas yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa untuk memaksimalkan waktu belajar yang singkat. Temuan ini menegaskan bahwa mahasiswa KKM dapat menjadi agen perubahan di lingkungan pendidikan yang minim fasilitas. Diperlukan dukungan berkelanjutan agar program serupa dapat memberikan dampak lebih luas di masa mendatang.

Downloads

Published

2025-09-06